Tempat Berbagi Informasi, Ilmu Pengetahuan dan Download secara gratis.

15 November 2007

Cara Membuat Blog di Blogger.com

Halaman : > > Cara Membuat Blog di Blogger.com

Memang sangat mudah untuk punya Blog. Jika dibandingkan dari tahun-tahun sebelumnya, sekarang ini sudah banyak situs-situs yang menawarkan fasilitas untuk membuat blog. Ada yang gratis dan ada juga yang harus bayar.

Dan dari begitu banyak situs yang menawarkan fasilitas untuk membuat blog, salah satu yang menurut saya adalah yang terbaik dan paling terkenal adalah situs blogger.com {http://blogger.com}. Selain menjadi situs yang pertama kali menawarkan fasilitas blog gratis, blogger.com juga memberikan banyak kemudahan kepada para penggunanya dalam menjalankan Aktivitas Blogging.

Apalagi sekarang ini, versi Blogger baru telah mempunyai beberapa fitur tambahan diantaranya : New Post Labels, Drag and Drop Layout Template Editing, dan sekarang Blogger.com juga sudah bisa dilihat dalam Bahasa Indonesia. (keren, ya khan?)

Bagaimana dengan Anda? Sudah siap untuk Blogging dan menjadi Blogger Sejati?
Kalau begitu, maka penjelasan berikut ini, akan membantu Anda untuk membuat Blog lewat blogger.com.

Don't worry, caranya cukup mudah kok! Hanya dengan tiga langkah saja. Maka Anda sudah bisa punya blog yang dalam beberapa menit saja, blog Anda sudah bisa di tayangkan dan dilihat dimana saja.

Are you ready?
1. Langkah pertama adalah membuat Account Google
    Caranya adalah sebagai berikut :
    • Bukalah situs blogger.com yang beralamatkan di http://blogger.com
    • Setelah situs blogger.com telah tampil sepenuhnya. Arahkan pointer mouse Anda ke arah kanan bawah pada tanda panah yang bertuliskan yang bertuliskan "CIPTAKAN BLOG ANDA SEKARANG". (coba perhatikan gambar dibawah ini)
    • Membuat Account Google.
      • Pada halaman ini digunakan untuk membuat Account Blogger yang secara otomatis akan menjadi Account Google. Jadi account yang kita gunakan untuk Login di Blogger bisa juga digunakan untuk Login di semua fasilitas Google yang ada. (kecuali pada Google Adsense). Dan jika kamu telah mempunyai Account Google, baik itu Gmail, Google Groups, atau Orkut. Maka kita tidak perlu untuk melakukan registrasi lagi. Langsung aja klik "Login terlebih dahulu". Berikut ini adalah panduan bagaimana mengisi Form Registrasi pada blogger.com :
        • Masukkan alamat email kamu pada kolom "Alamat email" dan pada kolom "Ketik ulang alamat email". (emailnya harus aktif loh).
        • Kemudian masukkan password atau sandi Anda pada kolom "Masukkan sebuah password" kemudian masukkan lagi password tadi pada kolom "Ketik ulang sandi" (password tidak boleh kurang dari 6 karakter). {*Gantilah Sandi atau password Anda jika ternyata lemah*}.
        • Tuliskan nama yang ingin kamu tampilkan pada kolom "Nama Tampilan" (nama tersebut akan ditampilkan dibagian bawah/footer postingan blog).
        • Tuliskan tipe karakter yang ada di kolom "Verifikasi Kata". (contohnya pada gambar dibawah, Verifikasi Kata-nya adalah "essetshe", maka teks yang harus kita masukkan adalah "essetshe").
        • Kemudian klik kotak kecil (checkbox) yang berada disamping kiri dari tulisan "Persyaratan dan Layanan". (menyatakan bahwa kita setuju dengan Persyaratan dan Layanan dari Blogger).
        • Terakhir klik "Lanjutkan". (coba perhatikan pada gambar dibawah ini :)
2. Langkah kedua adalah "Menamakan Blog Anda".
    Pada halaman ini, Anda akan dimintai untuk mengisi form "Beri Nama Blog Anda". Berikut ini adalah panduan bagaimana mengisi Form "Beri Nama Blog Anda" :
    • Judul Blog : Diisi dengan Title atau Judul yang akan kita berikan pada Blog kita.
    • Alamat Blog(URL) : Merupakan bagian yang cukup penting karena kamu dimnta untuk mengisi alamat URL. Alamat inilah yang akan digunakan kita atau oleh orang lain untuk melihat blog kita. Pada halaman ini pula, ada link untuk melakukan konfigurasi setup tingkat lanjut, yaitu "Setup Blog Tingkat Lanjut".(*Jika alamat URL Blog yang kita pilih sudah digunakan maka akan timbul tulisan berwarna merah yaitu : "Sorry, this blog address not avaible". Jika begitu, maka cobalah ganti dengan nama yang lain.*)
3. Langkah ketiga adalah Memilih Template Blog.
    Pilihlah salah satu template Blog yang kamu sukai pada halaman "Pilih sebuah Template". Klik pada template yang kamu inginkan agar menjadi tampilan Blog kamu nantinya. Untuk melihat bagaimana tampilan template blog tersebut, kliklah "Preview template".
    • Setelah memilih template, kliklah "Lanjutkan".
    • Kini, kamu tinggal menuggu proses "Pembuatan blog anda", hingga muncul jendela "Blog Anda telah diciptakan!". Selesai.....

Selanjutnya, untuk mulai memasukkan tulisan, kliklah "Mulai Posting". Seperti yang bisa Anda lihat pada contoh gambar di atas.

Nah sekarang, kamu telah memiliki blog sendiri dan bisa mulai untuk melakukan posting atau memasukkan tulisan, gambar, musik, dan sebagainya.

Gimana, mudah dan gampang bukan?


DBK
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca posting ini.
Punya Saran dan Kritik? Silakan tuliskan lewat form Komentar di bawah. Dan tolong jangan kasih komentar spam!
Find Me on : Facebook | Twitter | Mybloglog | Grup Dunia Internet | NetworkedBlogs

Bookmark Posting ini :
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Jumlah Komentar = 1 komentar:

Tuliskan Komentar Anda
pada Form di bawah

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

BiE mengatakan...

Sip deh ah, keep blogging deh ya