Tempat Berbagi Informasi, Ilmu Pengetahuan dan Download secara gratis.

19 November 2007

Menambahkan Mesin Pencari Google dalam Blog

Halaman : > > Menambahkan Mesin Pencari Google dalam Blog

Berikut ini ada dua tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menambahkan Mesin Pencari (Search Engine) Google dalam Layout dan Template Blog Anda.
  1. Secara Manual
  2. Secara Otomatis
Secara Manual berarti Anda harus memasukkan beberapa potong kode (HTML, Javascript, dsb) kedalam Layout atau Template Blog Anda. Bisa di Sidebar kanan atau kiri, bisa juga diantara posting blog Anda. Dan untuk menambahkan Mesin Pencari Google secara manual di bagian Sidebar Blog Anda, caranya adalah sebagai berikut:
  1. Setelah Login ke dalam Panel Kontrol Blog Anda, klik "Layout", kemudian pada Tab Elemen Halaman klik "Tambahkan sebuah Elemen Halaman". Lalu pilih HTML/JavaScript
  2. Kemudian Masukkan kode HTML berikut ini:
    <!-- Search by Google --> <center> <form method=get action="http://www.google.com/search"> <input type=text name=q size=31 maxlength=255 value=""/> <input type=hidden name=hl value="en"/> <input type=submit name=btnG VALUE="Google Search"/> </form> </center> <!-- Search Google -->
  3. Kemudian Klik Simpan Perubahan
Cara yang kedua adalah secara otomatis. Mengapa saya mengatakan demikian?. Karena sekarang ini, blogger telah menambahkan dua Fitur baru yang bisa Anda gunakan dalam Layout Blog Anda. Salah satunya adalah Fasilitas Pencarian Google.

Caranya cukup mudah kok!. Sama seperti saat Anda mau menambahkan Widget atau suatu elemen kedalam blog Anda melalui tab Elemen Halaman. Tapi sebelum itu, Anda harus membuka alamat dari Draft Blogger yaitu http://draft.blogger.com/home.

Setelah itu pada Tab "Elemen Halaman", klik "Tambahkan sebuah Elemen Halaman". Setelah jendela "Pilih sebuah Elemen" terbuka, Anda bisa melihatnya di bagian kanan atas. Anda juga bisa menambahkan salah satu Gadgets yang ada. Simpan dan lihat hasilnya.

Bagaimana menurut Anda ?

DBK
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca posting ini.
Punya Saran dan Kritik? Silakan tuliskan lewat form Komentar di bawah. Dan tolong jangan kasih komentar spam!
Find Me on : Facebook | Twitter | Mybloglog | Grup Dunia Internet | NetworkedBlogs

Bookmark Posting ini :
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Jumlah Komentar = 3 komentar:

Tuliskan Komentar Anda
pada Form di bawah

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

Andres mengatakan...

Wah trima kasih banget mas..telah memberi informasinya!!!sekarang blog saya kelihatan cantik..tapi belum sempurna.!!hehehehehe

e mengatakan...

tks

e mengatakan...

tks bangettt