Tempat Berbagi Informasi, Ilmu Pengetahuan dan Download secara gratis.

17 Desember 2007

Pengenalan INTERNET (Bag. 2)

Halaman : > > Pengenalan INTERNET (Bag. 2)


Hal yang paling penting di dunia Internet dan dapat di sebut Tulang Punggung (Back Bone) penopang Internet adalah Situs Internet (Website), karena situs Internet adalah tempat yang memungkinkan semua orang saling bertukar informasi dengan mudah dan ringan dan dengan standar yang sama atau dengan kata lain melalui Internet, si pembuat situs Internet akan yakin bahwa tampilan situs yang di buatnya akan memilki tampilan yang sama seperti ketika di buat, walaupun di akses oleh bermacam-macam Browser di seluruh dunia.

Internet sifatnya sangat global dan tidak tersentralisasi. Internet juga identik dengan service yang berjalan di atasnya seperti WEB, E-MAIL, FTP dan lain sebagainya.

Apa yang membuat Internet bisa berjalan dengan baik? Semua itu diatur dengan yang namanya Protokol. Protokol adalah suatu tata cara atau aturan yang disepakati oleh semua pihak untuk melakukan suatu service tertentu, misalnya bagaimana cara meng-konfigue hardware, menulis aplikasi program dan lain sebagainya.

Internet sendiri berbasis pada protokol yang bernama TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol). Pada lapisan atas dari TCP/IP ini berjalan pula protokol-protokol untuk aplikasi seperti SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang mengatur tata cara e-mail, HTTP (Hypertext Transfer Protocol) yang mengatur tata cara berselancar di Internet berbasis HYPERTEXT atau juga FTP (File Transfer Protocol) yang mengatur tata cara mengirim file dari satu lokasi ke lokasi yang lain.

Bagaimana jika tidak ada protokol yang mengatur semua itu ?

Internet maupun service-service yang ada di atas intenet tidak akan bisa berjalan jika tidak ada protocol.

Sedangkan TCP berguna untuk memastikan bahwa semua koneksi bekerja sama semestinya, sementara IP berfungsi melakukan transfer data dari sebuah komputer ke komputer lainnya. Sehingga TCP/IP secara umum berfungsi memilih rute alternatifnya jika suatu rute tidak fleksibel untuk transmisi data.

Dan jika Anda ingin terhubung ke Internet, maka ada beberapa cara yang bisa di tempuh, diantaranya :

  1. Menggunakan jasa ISP (Internet Service Provider)
  2. Sambungan ke Internet juga dapat dilakukan melalui saluran Dedicated Line seperti ISDN (Integrated System Digital Network) dan ADSL (Asymmetric Digital Subscriber Line), maupun via satelit melalui VSAT (Very Small Aperture Terminal)
  3. Melalui 'Gelombang Radio' (Radio Modem), maupun lewat saluran TV Kabel yang saat ini sedang marak.
  4. Belakang, Internet juga di kembangkan untuk aplikasi Wireless (tanpa kabel) dengan memanfaatkan Telepon Seluler. Dengan menggunakan protokol WAP (Wireless Application Protocol).
  5. Selain WAP, juga di kembangkan GPRS (General Packet Radio Service) sebagai salah satu Standar Komunikasi Wireless.


<< Prev : Pengenalan Internet (Bag. 1)


DBK
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca posting ini.
Punya Saran dan Kritik? Silakan tuliskan lewat form Komentar di bawah. Dan tolong jangan kasih komentar spam!
Find Me on : Facebook | Twitter | Mybloglog | Grup Dunia Internet | NetworkedBlogs

Bookmark Posting ini :
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Jumlah Komentar = 1 komentar:

Tuliskan Komentar Anda
pada Form di bawah

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

wewe gombel mengatakan...

adu.......h makasih bgt ya,postingnya keren, bisa menambah pengetahuan.moga makin jaya aja deh......