Tempat Berbagi Informasi, Ilmu Pengetahuan dan Download secara gratis.

28 November 2007

Pengenalan INTERNET (bag. 1)

Halaman : > > Pengenalan INTERNET (bag. 1)

Kuasailah informasi jika ingin menguasai dunia, begitulah yang dikatakan oleh Muhammad Sutiyadi

Karena seperti yang kita ketahui sekarang ini, dari hari ke hari perkembangan dunia Teknologi terutama di bidang Teknologi Komunikasi dan Informasi yang dari hari ke hari terus semakin berkembang pesat. Salah satunya adalah INTERNET.

Dimana semua orang di dunia memanfaatkannya sebagai media untuk melakukan komunikasi atau saling berbagi/bertukar Informasi, ide, cerita, pengetahuan, bahkan untuk berbisnis (Internet Business).

Maka daripada itulah, saya tergerak untuk berbagi sedikit pengetahuan saya tentang INTERNET. (Walau sebenarnya sich sudah agak ketinggalan juga.......karena sudah banyak sekali situs-situs ataupun buku-buku yang di jual yang membahas tentang INTERNET, but ngak apa-apalah......benar bukan?)

Oke mari kita mulai,

PENGERTIAN DAN SEJARAH AWAL INTERNET


Secara harfiah, Internet (kependekan daripada perkataan 'Inter-Network') ialah 'rangkaian komputer yang berhubung menerusi beberapa rangkaian' atau 'jaringan yang saling berhubungan'. Di sebut demikian, karena Internet merupakan jaringan komputer yang terdiri dari ribuan jaringan komputer independen yang di hubungkan satu dengan yang lainnya.

Manakala Internet ialah 'sistem komputer umum, yang berhubung secara global dan menggunakan TCP/IP sebagai protokol pertukaran paket '(packet switching communication protocol)'. Rangkaian internet yang terbesar dinamakan Internet. Cara menghubungkan rangkaian dengan kaedah ini dinamakan Internetworking.

Awal mulanya Internet adalah jaringan komputer untuk sistem pertahanan yang di kembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat (United States Department of Defense Advanced Research Projects Agency). Proyek jaringan ini di beri nama Advanced Research Project Agency (ARPA).

Beberapa penyelidikan awal yang disumbang oleh ARPANET termasuk kaedah rangkaian tanpa-pusat (decentralised network), teori queueing, dan kaedah pertukaran paket (packet switching). Jaringan komputer ini kemudian di beri nama ARPANET.

Pada tahun 1969, para ahli ilmu pengetahuan memikirkan untuk membuat suatu jaringan komputer yang dapat menghubungkan mereka untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya. Departemen Pertahanan Amerika Serikat kemudian menjadi sponsor untuk melibatkan jaringan ini kedalam ARPANET.

Demonstrasi pertama dari ARPANET ini menghubungkan komputer di University of California at Los Angeles (UCLA) dengan komputer di Stanford University.

Dan pada tahun 1971, jaringan ARPA sudah melibatkan 20 situs termasuk Massachusetts Institute of Technology (MIT) dan Harvard University. Pada tahun 1981 jumlah situs yang tergabung di dalam ARPANET sudah mencapai 200 situs.

ARPANET berkembang dengan sangat cepatnya, tidak hanya melibatkan jaringan di antara Universitas-universitas saja, tetapi juga melibatkan organisasi-organisasi lainnya di seluruh dunia. Pada 01 Januari 1983, ARPANET menukar protokol rangkaian pusatnya, dari NCP ke TCP/IP. maka mulai di kenal dengan nama INTERNET seperti yang kita kenal hari ini.


DBK
Terima Kasih telah berkunjung dan membaca posting ini.
Punya Saran dan Kritik? Silakan tuliskan lewat form Komentar di bawah. Dan tolong jangan kasih komentar spam!
Find Me on : Facebook | Twitter | Mybloglog | Grup Dunia Internet | NetworkedBlogs

Bookmark Posting ini :
Ma.gnolia DiggIt! Del.icio.us Blinklist Yahoo Furl Technorati Simpy Spurl Reddit Google

 

Jumlah Komentar = 1 komentar:

Tuliskan Komentar Anda
pada Form di bawah

:)) :)] ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} ~x( :-t b-( :-L x( =))

writer mengatakan...

Mas..Saya ikut group anda ya..^.^..